-->
Fakta Menarik Sayur Kangkung

Fakta Menarik Sayur Kangkung

Memakan kangkung sama saja seperti nyimeng (memakai ganja) dengan kearifan lokal. Sama-sama bikin puyeng dan ngantuk!! wkwkwk, Ssst, Bercanda ah.

Tapi apa benar, Makan kangkung bisa buat mengantuk? Fakta atau hoax?

Mari kita intip dulu kandungan apa saja yang terdapat dalam kangkung.
Sumber: Google

Diantara unsur lainnya, kalium rupanya yang paling tinggi 312 mg.

Nahh, dan memang benar kalium punya efek menurunkan tekanan darah, membuat tubuh kita terasa rileks dan mengantuk. Akan tetapi, apakah kandungan dosis kalium dalam kangkung benar-benar bisa menyebabkan kantuk??

Nahh, kalau yang ini belum ada fakta medisnya yang mengarah kesana.

Kenapa?

Karena, jangankan kangkung. Mengkonsumsi sepiring karbohidratpun bisa menyebabkan lemas dan mengantuk. Apalagi kalau makan dua piring karbohidrat dan kangkung. Sudah pasti lemas dan mengantuk. Dan hal ini akan berbeda tiap orangnya.

Makan kangkung bisa menyebabkan kantuk itu mitos.

Yang unik dan memang fakta tentang kangkung yaitu,

Kangkung dilarang di Amerika

Yah, benar ini Fakta!! Akan tetapi, masih bisa kok, menanam kangkung. Dengan syarat kita mesti mengantongi izin dan membeli bibitnya di tempat yang memiliki izin juga. Intinya, urus perizinannya. Pemerintah Amerika hanya mengawasi peredaran kangkung.

Ternyata, dalam tanaman kangkung mengandung alkaloid ergoline[1]. Zat ini menyebabkan halusinasi.


Jika dalam jumlah yang banyak mampu menghasilkan efek sama kuatnya dengan LSD (lysergic acid diethylamide). Zat ini masuk kedalam psikotropika yang dilarang di banyak negara, termasuk Indonesia.

Kangkung dikategorikan sebagai tanaman gulma/hama. Selain itu pula, kangkung sempat menutupi satu danau di Amerika yang menyebabkan mampet pada saluran airnya.

Itulah kenapa peredarannya diawasi.

Oleh: Riki Kusumah Purnama
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment