-->
Sejarah Awal PSSI Sampai Sekarang

Sejarah Awal PSSI Sampai Sekarang

Logo PSSI Awal dan Sekarang
Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) didirikan oleh Soeratin Sosrosoegondo yang menggunakan sepakbola sebagai alat perjuangan. Ingat salah satu quotes Tan Malaka? "Sepakbola adalah alat perjuangan". PSSI berdiri pada tanggal 19 April 1930, soal di mana PSSI didirikan saya kurang mengerti dan bingung karena di website PSSI sangat bingung, di salah satu halaman website resmi PSSI ditulis bahwa PSSI didirikan di Yogyakarta (silakan cek di sini Sejarah) sementara di halaman lainnya yang sama-sama ada di website resmi PSSI menyebutkan didirikan di Solo (Silakan cek di sini Sejarah PSSI). Tapi kalo di Wikipedia tertulis bahwa PSSI didirikan di Yogyakarta.
Soeratin Sosrosoegondo, pendiri PSSI

Pendiri PSSI

Sebelumnya, pemerintah kolonial Belanda telah membentuk NIVB yang kemudian hari berubah nama menjadi NIVU, feder, asi ini pun diakui secara resmi oleh FIFA. NIVU sering mengadakan pertandingan sepakbola di Lapangan Banteng dan diikuti oleh banyak Bond dari beberapa kalangan termasuk dari kaum Tionhoa dan Pribumi. Tahun 1928, berdiri VIJ karena NIVU sering bertindak diskriminatif terhadap bond-bond Pribumi, VIJ ini merupakan cikal bakal Persija Pusat sekarang.


7 klub pendiri PSSI

Pada tanggal 28 Oktober 1928 diadakan Sumpah Pemuda, Soeratin melihat putusan kongres sebagai kesempatan baginya untuk menyemai nasionalisme dan berjuang lewat sepakbola. Soeratin pun mulai mengumpulkan bond-bond yang ada hingga akhirnya terkumpul lah 7 Bond pada tanggal 19 April 1930 dan sepakat untuk mendirikan PSSI. Sehingga ada tiga federasi sepakbola di Hindia Belanda saat itu yaitu NIVU (Pemerintah kolonial), HNVB (Tionghoa), dan PSSI (Indonesia). PSSI juga sering terlibat pertikaian dengan NIVU contohnya saat PSSI ingin pemainnya ikut dikirim ke Piala Dunia 1938 di Prancis walau akhirnya timnas NIVU lah yang tetap dikirimkan.

1942, Jepang datang dan PSSI dibekukan. Pasca kemerdekaan PSSI terus berganti-ganti kepemimpinan hingga merasakan dualisme sampai dibekukan oleh FIFA. Permasalah mafia juga terus menggerogoti PSSI yang jatuh bangun dipertahankan oleh Soeratin. Mungkin jika mau lihat timeline PSSI bisa lihat infografik ini:

Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment