-->
Tutorial Kabel Fiber Optik

Tutorial Kabel Fiber Optik

Pendahuluan

Tulisan ini membantu Anda memahami karakteristik dari berbagai jenis serat dalam memahami aplikasi yang digunakan. Kabel serat optik banyak digunakan dalam komunikasi serat optik. Mereka adalah media pilihan dalam infrastruktur telekomunikasi, memungkinkan transmisi suara, video, dan lalu lintas data berkecepatan tinggi di jaringan perusahaan dan penyedia layanan. Tulisan ini menjawab sejarah dasar-dasar, dan aplikasi kabel serat optik.

Apakah itu Kabel Serat Optik?


Kabel serat optik adalah filamen fleksibel dari kaca yang sangat jernih yang mampu membawa informasi dalam bentuk cahaya. Ini terdiri dari inti kaca dan cladding, lapisan penyangga, anggota kekuatan Kevlar dan jaket luar pelindung. Kabel serat optik digunakan untuk mentransfer sinyal data digital dalam bentuk cahaya hingga jarak ratusan mil dengan laju throughput yang lebih tinggi daripada yang dicapai melalui kabel komunikasi listrik. Semua kabel serat optik menggunakan inti silikon transparan seperti rambut yang ditutupi dengan kelongsong indeks yang kurang bias untuk menghindari kebocoran cahaya ke lingkungan. Karena sensitivitas ekstrim dari serat optik, biasanya ditutupi dengan bahan pelindung ringan dan berkekuatan tinggi seperti Kevlar.

Jenis Kabel Serat Optik

Serat serat optik dapat diidentifikasi berdasarkan jenis jalur yang dilalui cahaya, atau mode, di dalam inti serat. Ada dua jenis dasar serat: serat mode-ingle (SMF) dan serat multimode (MMF). Inti serat multimode dapat berupa indeks langkah atau indeks bertingkat. Kabel serat jadi dapat dikategorikan sebagai outdoor, indoor, atau indoor / outdoor.

Single-mode Fiber dan Multimode Fiber

Single-mode & Multimode fiber adalah dua jenis serat yang umum digunakan. Kedua serat berukuran 125 mikron dengan diameter luar - sedikit lebih besar dari rambut manusia pada umumnya.

Kabel Single Mode adalah dudukan tunggal (sebagian besar aplikasi menggunakan 2 serat) dari serat kaca dengan diameter 8,3 hingga 10 mikron yang memiliki satu mode transmisi. Single Mode Fiber dengan diameter yang relatif sempit, yang melaluinya hanya satu mode yang akan merambat secara khas 1310.190 atau 1550nm. Membawa bandwidth lebih tinggi dari serat multimode, tetapi membutuhkan sumber cahaya dengan lebar spektral yang sempit. Serat Singlemode memiliki kemampuan untuk membawa sinyal sejauh bermil-mil, yang membuatnya ideal untuk penyedia telepon dan televisi kabel. Single Modem fiber digunakan dalam banyak aplikasi di mana data dikirim pada multi-frekuensi (WDM Wave-Division-Multiplexing) sehingga hanya diperlukan satu kabel - (single-mode pada satu fiber tunggal). Serat mode tunggal memberi Anda tingkat transmisi yang lebih tinggi dan jarak hingga 50 kali lebih banyak daripada serat multimode, tetapi dengan biaya yang lebih tinggi. Serat mode tunggal memiliki diameter inti yang jauh lebih kecil, yaitu 8,3 hingga 10 mikron daripada mode multi. Inti kecil dan gelombang cahaya tunggal praktis menghilangkan segala distorsi yang dapat terjadi akibat pulsa cahaya yang tumpang tindih, memberikan redaman sinyal paling sedikit dan kecepatan transmisi tertinggi dari semua jenis kabel serat.

Serat multimode memiliki inti berdiameter besar 50 atau 62,5 mikron yang memungkinkan beberapa mode cahaya merambat. Karena itu, jumlah pantulan cahaya yang dibuat ketika cahaya melewati inti meningkat, menciptakan kemampuan untuk lebih banyak data untuk melewatinya pada waktu tertentu. Karena tingkat dispersi dan atenuasi yang tinggi dengan jenis serat ini, kualitas sinyal berkurang pada jarak yang jauh. Aplikasi ini biasanya digunakan untuk aplikasi jarak pendek, data dan audio / video di LAN. Sinyal broadband RF, seperti yang biasa digunakan oleh perusahaan kabel, tidak dapat dikirim melalui serat multimode. Serat multimode berikut memiliki tipe untuk aplikasi yang berbeda.
OM1, untuk serat dengan bandwidth peluncuran overfilled (OFL) 200/500 MHz * km pada 850 / 1300nm (biasanya serat 62,5 / 125um)
OM2, untuk serat dengan bandwidth OFL 500/500 MHz * km pada 850 / 1300nm (biasanya serat 50 / 125um)
OM3, untuk serat 50um yang dioptimalkan laser yang memiliki bandwidth modal efektif 2000 MHz * km (EMB, juga dikenal sebagai bandwidth laser), dirancang untuk transmisi 10 Gb / dtk.
OM4, untuk serat 50um yang dioptimalkan laser yang memiliki bandwidth EMB 4.700 MHz * km yang dirancang untuk 10 Gb / dtk, 40 Gb / dtk, dan transmisi 100 Gb / dtk.

Kabel Serat Optik Distribusi

Kabel bangunan kompak ini terdiri dari serat buffer 900μm individu, lebih kecil dalam ukuran dan biaya kurang dari kabel serat breakout. Konektor dapat dipasang langsung pada serat buffer 900μm di lokasi kotak breakout. Kabel pengenal penghemat ruang (OFNR) dapat dipasang di mana pun kabel breakout digunakan.

Kabel Serat Optik Breakout

Kabel serat breakout terdiri dari beberapa kabel simpleks yang dibundel bersama di dalam jaket biasa. Kabel breakout memungkinkan pemasangan konektor yang cepat ke serat jaket 2 + mm yang kuat, itu adalah favorit di mana kabel kasar diinginkan atau pemutusan langsung tanpa kotak persimpangan, panel patch atau perangkat keras lainnya diperlukan. Ini adalah desain yang kuat dan kasar, tetapi lebih besar dan lebih mahal daripada kabel distribusi. Sangat cocok untuk saluran conduit, riser, dan aplikasi pleno. Ini sempurna untuk aplikasi industri di mana dibutuhkan kekasaran. Karena setiap serat diperkuat secara individual, desain ini memungkinkan terminasi cepat ke konektor dan tidak memerlukan panel atau kotak tambalan. Kabel breakout bisa lebih ekonomis di mana jumlah serat tidak terlalu besar dan jarak terlalu lama karena membutuhkan tenaga kerja yang jauh lebih sedikit untuk mengakhiri.

Kabel Serat Optik Indoor / Outdoor

Kabel serat indoor / outdoor menggunakan teknologi blok kering untuk menyegel pecah-pecah terhadap rembesan kelembaban dan tabung penyangga yang diisi gel untuk menghentikan migrasi kelembaban. Ini menggabungkan karakteristik yang diperlukan untuk kedua aplikasi. Kabel serat indoor / outdoor tersumbat oleh air, tahan sinar matahari, dan memenuhi satu atau lebih persyaratan Kode untuk ketahanan terhadap penyebaran nyala dan menghasilkan asap. Terdiri dari ripcord, pengikat inti, lapisan tahan api, mantel, benang aramid, dan jaket luar, kabel indoor / outdoor dapat dijalankan dari gedung ke gedung. Karena kabel indoor / outdoor biasanya diberi peringkat pleno, dapat dijalankan dari ruang peralatan langsung ke ruang peralatan lainnya tanpa khawatir tentang kode keselamatan kebakaran atau mengakhiri kabel dalam jarak 50 kaki dari pintu masuk gedung. Kabel harus dijalankan di saluran.

Standar Kabel Fiber Optik

Di bawah ini adalah ringkasan standar yang dipilih untuk serat optik.
IEC 60793 -parameter serat optik dan kabel:
  • IEC 60793-2-10 - berlaku untuk jenis serat optik multimode A1a, A1b, dan A1d
  • IEC 60793-2-50 - berlaku untuk single-mode 9/125 jenis serat optik B1.1, B1.2, B1.3, B2, B4, B5
  • IEC 60794-2 - persyaratan untuk kabel dalam ruangan
  • IEC 60794-3 - persyaratan untuk kabel outdoor
ISO / IEC 11801 - menetapkan sistem pemasangan kabel telekomunikasi untuk keperluan umum (kabel terstruktur), termasuk beberapa kelas interkoneksi serat optik (OM1 - OM4, dengan bandwidth modal minimum yang ditentukan 850 nm, dan OS1, dengan atenuasi maks 1 dB / km)

ITU-T G.650.1 dan G.650.2 - definisi dan metode pengujian untuk atribut linear dan deterministik serat dan kabel mode tunggal,
  • ITU-T G.651.1 - karakteristik kabel serat optik indeks bertahap 50/125 μm multi mode…,
  • ITU-T G.652 - Karakteristik serat optik single-mode dan kabel (9/125 μm, empat versi: A, B, C, D),
  • ITU-T G.653 - karakteristik serat optik dan kabel (DS-SMF) dispersi-bergeser tunggal,
  • ITU-T G.654 - karakteristik cut-off shifted single-mode serat optik dan kabel (CS-SMF),
  • ITU-T G.655 - karakteristik serat optik dan kabel single-mode dispersi non-nol bergeser (NZDS-SMF),
  • ITU-T G.656 - karakteristik serat dan kabel dengan Dispersi Non-Nol untuk Transportasi Optik Wideband,
  • ITU-T G.657 - Karakteristik serat optik dan kabel single mode tidak peka kehilangan lentur untuk jaringan akses.
Sumber: optcore.net

Video terkait Tutorial Fiber Optik bisa disimak berikut ini:

Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment